Search

Badai Matahari 'Sapu' Bumi, Tak Ada Dampak Signifikan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Badai matahari dikabarkan akan 'menyapu' Bumi pada hari ini, 17 Mei 2019. Space Weather Prediciton Center (SWPC) melacak badai geomagnetik yang menyambangi Bumi berkekuatan lemah atau badai G2.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menerangkan jika badai matahari yang terjadi hari ini tidak berbahaya karena kekuatannya lemah.

Disamping itu, ia juga mengatakan jika tak ada dampak signifikan dari badai matahari yang menyambangi Bumi. Sebaliknya, justru dampak matahari memberi pemandangan indah di langit Kutub Utara dan Amerika.

"Tidak berdampak karena semuanya dalam kekuatan tenang karena hanya tipe kelas C. Kecuali keindahan aurora yang diharapkan terlihat di wilayah dekat kutub," terang Thomas kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (17/5).

Senada, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam cuitannya juga menegaskan badai geomagnetik tidak memberikan dampak signifikan bagi Indonesia. Badai ini terpantau telah terjadi sejak Kamis (16/5).

Pemandangan aurora yang indah sebagai dampak terjadinya badai matahari terlihat di langit Amerikamulai Sabtu (18/5) dini hari di Montana, Dakota Utara dan Minnesota. Pemandangan serupa diprediksi bakal terlihat di Rusia bagian tengah, Finlandia, Swedia dan Norwegia, serta Skotlandia bagian paling utara.

Mengutip Cnet, kendati tidak berbahaya namun badai matahari berpotensi mengganggu navigasi lintang tinggi, termasuk pengoperasioan roket, sistem satelit, hingga akurasi GPS (global positioning system).

Badai matahari sebenarnya sebuah peristiwa alam yang normal terjadi. Peristiwa ini terjadi karena ada aktivitas pelontara massa korona di Matahari akibat adanya interaksi dengan medan magnet hingga mengakibatkan gangguan sementara pada lapisan magnetosfer.

[Gambas:Video CNN] (evn)

Let's block ads! (Why?)


https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190517163041-199-395819/badai-matahari-sapu-bumi-tak-ada-dampak-signifikan

2019-05-17 09:47:00Z
52781612753094

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Badai Matahari 'Sapu' Bumi, Tak Ada Dampak Signifikan - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.