Search

Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Kontaminasi Merkuri yang Berbahaya Bagi Manusia - Trubus.id

Fen yang sepenuhnya dicairkan di Lingkaran Arktik di Abisko, Swedia, tempat para peneliti UNH menemukan tingkat metilmerkuri yang lebih tinggi, racun saraf, yang bisa berbahaya bagi satwa liar, industri perikanan, dan manusia. (Doc/ Florencia Fahnestock/UNH)

Trubus.id -- Ketika suhu global terus meningkat, pencairan lapisan es di daerah Arktik sedang dipercepat dan merkuri yang telah terperangkap di tanah beku sekarang dilepaskan dalam berbagai bentuk ke sekitar saluran air, tanah dan udara. Menurut para peneliti di University of New Hampshire, proses ini dapat menghasilkan transformasi besar merkuri menjadi bentuk yang lebih mudah bergerak dan berpotensi beracun yang dapat menyebabkan konsekuensi lingkungan dan masalah kesehatan bagi satwa liar, industri perikanan dan orang-orang di Kutub Utara dan sekitarnya.

Dalam penelitian mereka yang baru-baru ini diterbitkan dalam Geochemical Perspectives Letters, para ilmuwan memeriksa realokasi merkuri — gerakan dari tanah yang sebelumnya beku ke lingkungan sekitarnya — di utara Lingkaran Arktik di Abisko, Swedia. Mereka menemukan bahwa ketika lanskap berubah karena pemanasahan suhu, mereka melihat peningkatan yang signifikan dalam kadar metilmerkuri, neurotoksin, yang dapat memiliki efek kaskade.

Baca Lainnya : Perubahan Iklim Mendorong Peternak Lebah Italia ke Jurang Kehancuran

"Penelitian kami menunjukkan bahwa satwa liar Kutub Utara, seperti burung dan ikan, mungkin berisiko lebih tinggi terpajan pada tingkat methylmercury yang lebih tinggi yang pada akhirnya dapat berdampak pada reproduksi dan populasi mereka," kata Florencia Fahnestock, seorang kandidat doktor dalam ilmu bumi dan penulis utama penelitian.

"Ini juga berpotensi berdampak pada masyarakat adat jika mereka memakan satwa liar yang terkontaminasi metilmerkuri, dan mungkin industri perikanan, jika merkuri dikeluarkan dari daerah aliran sungai ke laut." terangnya lagi.

Studi ini mengambil pandangan yang komprehensif tentang bagaimana perubahan iklim menyebabkan lanskap berubah dan karenanya mendukung produksi metilmerkuri. Mereka melihat "merkuri total" - semua bentuk merkuri yang berbeda termasuk padat, gas, metil - dan cara perubahannya, bersama dengan lanskap pencairan, menjadi metilmerkuri yang lebih berbahaya.

Bentuk merkuri yang paling beracun, lebih mudah dikonsumsi oleh hewan. Tiga lanskap berbeda diperiksa untuk evolusi merkuri dan komunitas mikroba di sepanjang lanskap ini untuk menentukan bagaimana perubahan ini terjadi. Mereka menilai palsa, atau permafrost beku, area semi-cair yang sering dikenal sebagai rawa, dan fen, lanskap jenuh yang diisi dengan air yang mengalir dan gambut yang sepenuhnya dicairkan.

Udara, air dan tanah dianalisis untuk menemukan methylmercury dan para peneliti mendapati bahwa Fen memiliki konsentrasi methylmercury yang jauh lebih tinggi daripada lanskap lainnya. Fahnestock menjelaskan bahwa sementara permafrost mengandung merkuri, ia tidak dimetilasi. Hanya ketika mencapai fens encer bahwa kekurangan oksigen dalam sedimen memberikan lingkungan yang sempurna untuk dikonversi menjadi metilmerkuri.

Baca Lainnya : Alaska Tengah Berurusan dengan Perubahan Iklim. PBB Jabarkan Seberapa Besar Masalah Ini

"Kami tidak memiliki pegangan yang baik tentang bagaimana merkuri masuk ke jaring makanan terestrial; itu mungkin tergantung di mana hewan darat merumput," kata Julie Bryce, profesor geokimia.

"Tumbuhan yang tumbuh di beberapa lingkungan yang mencair ini bisa sarat dengan merkuri." tambahnya.

Merkuri secara alami dipancarkan ke atmosfer dari gunung berapi, kebakaran hutan dan pelapukan batuan, tetapi bahan bakar fosil dan penambangan emas juga merupakan kontributor utama. Sementara penelitian mengamati perubahan lanskap di Kutub Utara, para peneliti mengatakan migrasi merkuri dan produksi metilmerkuri yang sama ini dapat terjadi di area lain.

Merkuri, yang dilepaskan selama pencairan, dapat dibawa oleh air dan angin — seringkali sangat jauh dari sumber aslinya. Jika dikonversi menjadi metilmerkuri pada saat dilepaskan atau selama pengangkutan, ia memiliki potensi lebih besar untuk memasuki rantai makanan — melalui ikan, burung, dan satwa liar — dan potensinya meningkat ketika bergerak ke atas rantai makanan, menjadikannya kemungkinan masalah kesehatan masyarakat. [RN]

Let's block ads! (Why?)


https://life.trubus.id/baca/32657/perubahan-iklim-tingkatkan-risiko-kontaminasi-merkuri-yang-berbahaya-bagi-manusia

2019-10-18 14:00:00Z
CBMic2h0dHBzOi8vbGlmZS50cnVidXMuaWQvYmFjYS8zMjY1Ny9wZXJ1YmFoYW4taWtsaW0tdGluZ2thdGthbi1yaXNpa28ta29udGFtaW5hc2ktbWVya3VyaS15YW5nLWJlcmJhaGF5YS1iYWdpLW1hbnVzaWHSAQA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Kontaminasi Merkuri yang Berbahaya Bagi Manusia - Trubus.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.