Search

Ilmuwan Ubah Kabel Fiber Optik Bawah Laut Jadi Seismograf - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah penelitian baru dari Berkeley yang diterbitkan di jurnal Science dapat mengubah kabel fiber optik bawah laut yang ada menjadi jaringan seismograf, menciptakan pandangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang gerakan tektonik Bumi. Hal ini dilaporkan Tech Crunch pada Jumat, 29 NOvember 2019.

Seismolog mendapatkan hampir semua data mereka dari instrumen di darat, yang berarti sebagian besar pengetahuan kita tentang aktivitas seismik terbatas pada sepertiga permukaan planet ini. Kita bahkan tidak tahu di mana semua masalah itu karena tidak ada studi mendalam atau pemantauan jangka panjang atas dasar laut.

"Ada kebutuhan besar untuk seismologi dasar laut," jelas penulis utama studi tersebut, Nathaniel Lindsey dalam rilis berita Berkeley. "Instrumentasi apa pun yang kamu keluarkan ke lautan, meskipun itu hanya untuk 50 kilometer pertama dari pantai, akan sangat berguna."

Tentu saja, alasan kita belum melakukannya adalah karena sangat sulit untuk menempatkan, memelihara, dan mengakses instrumen presisi yang diperlukan untuk pekerjaan seismik jangka panjang di bawah air. Itulah gagasan yang sedang dicari Lindsey dan rekan-rekannya sehubungan dengan kabel serat optik bawah laut.

Kabel ini membawa data jarak jauh, kadang-kadang sebagai bagian dari tulang punggung internet, dan kadang-kadang sebagai bagian dari jaringan pribadi. Tetapi satu hal yang mereka semua miliki adalah mereka menggunakan cahaya untuk melakukannya - cahaya yang tersebar dan terdistorsi jika kabel bergeser atau mengubah orientasi.

Dengan hati-hati memonitor fenomena 'backscatter' ini dapat dilihat persis di mana kabel berubah posisi dan sampai sejauh mana - kadang-kadang dalam beberapa nanometer. Itu berarti bahwa para peneliti dapat mengamati kabel untuk mengetahui sumber aktivitas seismik dengan tingkat ketelitian yang luar biasa.

Teknik ini, disebut Distributed Acoustic Sensing (DAS), pada dasarnya memperlakukan kabel seolah-olah itu adalah serangkaian ribuan sensor gerak individu. Kabel yang diuji oleh tim ini adalah infrastruktur data bawah laut Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) sepanjang 20 kilometer - yang terbagi menjadi sekitar sepuluh ribu segmen yang dapat mendeteksi pergerakan permukaan yang sekecil apa pun yang melekat padanya.

"Ini benar-benar sebuah studi di perbatasan seismologi, pertama kali ada orang yang menggunakan kabel serat optik lepas pantai untuk melihat jenis sinyal oseanografi atau untuk struktur kesalahan pencitraan," kata Jonathan Ajo-Franklin dari Laboratorium Nasional Berkeley.

Setelah menghubungkan kabel MBARI ke sistem DAS, tim mengumpulkan satu ton informasi yang dapat diverifikasi yaitu perpindahan dari gempa berkekuatan 3,4 magnitude ke daratan, lokasi yang belum dipetakan di teluk, dan pola pergerakan air yang juga mengisyaratkan aktivitas seismik.

Bagian terbaiknya, kata Lindsey, adalah Anda bahkan tidak perlu memasang peralatan atau repeater sepanjang kabel. "Anda cukup berjalan ke lokasi dan menghubungkan instrumen ke ujung serat," katanya.

Jika berhasil, kabel aktif yang lebih besar dapat ditambahkan untuk digunakan sebagai instrumen penelitian, dan dapat membantu menerangi titik buta yang dimiliki seismolog sejauh aktivitas dan fitur dasar laut.

GALUH PUTRI RIYANTO | TECH CRUNCH | SCIENCE

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiXWh0dHBzOi8vdGVrbm8udGVtcG8uY28vcmVhZC8xMjc4NTUwL2lsbXV3YW4tdWJhaC1rYWJlbC1maWJlci1vcHRpay1iYXdhaC1sYXV0LWphZGktc2Vpc21vZ3JhZtIBXGh0dHBzOi8vdGVrbm8udGVtcG8uY28vYW1wLzEyNzg1NTAvaWxtdXdhbi11YmFoLWthYmVsLWZpYmVyLW9wdGlrLWJhd2FoLWxhdXQtamFkaS1zZWlzbW9ncmFm?oc=5

2019-11-30 17:10:00Z
CBMiXWh0dHBzOi8vdGVrbm8udGVtcG8uY28vcmVhZC8xMjc4NTUwL2lsbXV3YW4tdWJhaC1rYWJlbC1maWJlci1vcHRpay1iYXdhaC1sYXV0LWphZGktc2Vpc21vZ3JhZtIBXGh0dHBzOi8vdGVrbm8udGVtcG8uY28vYW1wLzEyNzg1NTAvaWxtdXdhbi11YmFoLWthYmVsLWZpYmVyLW9wdGlrLWJhd2FoLWxhdXQtamFkaS1zZWlzbW9ncmFm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ilmuwan Ubah Kabel Fiber Optik Bawah Laut Jadi Seismograf - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.