Search

Hati-Hati, Kenali Risiko Mengunggah Foto Anak di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta Anak adalah buah hati yang berharga. Bagi orangtua, melihat wajah anaknya merupakan kepuasan tersendiri. Apalagi ketika anaknya melakukan tingkah lucu dan menggemaskan, banyak orangtua yang ‘gatal’ ingin membagikan foto-foto anaknya ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Namun sebelum menekan tombol ‘post’, ada baiknya Anda bertanya terlebih dulu kepada diri Anda “Apakah saya oversharing?” atau “Apakah ini baik untuk anak saya?”

Sebuah organisasi nirlaba Child Rescue Coalition mendorong orangtua untuk menahan diri untuk tidak mengunggah foto-foto anaknya di akun media sosial, termasuk foto yang kelihatannya tidak berbahaya seperti foto bokong bayi, foto ketika anak sedang mandi atau berenang.

Menurut Child Rescue Coalition, foto-foto yang diunggah ke akun media sosial tersebut dikhawatirkan dapat membuat mereka rentan terhadap kejahatan online, bahkan yang lebih seram adalah menjadi mangsa pedofil online.

Dilansir dari Female Network, Senin,(30/4/2018), peneliti dan penulis buku Raising Your Child in a Digital World, Dr. Kirsty Goodwin mengungkapkan bahwa sebanyak 50% gambar yang dibagikan di situs pedofil merupakan gambar yang diambil dari media sosial orang tua.

“Anda kehilangan kendali penuh atas foto-foto anak Anda ketika Anda membagikannya secara online,” ujar Goodwin.

Goodwin membuat daftar risiko berbahaya ketika kita oversharing tentang wajah dan kehidupan anak-anak kita di dunia maya. “Beberapa masalah utama terkait dengan pencurian identitas (risiko privasi), pengambilan foto anak-anak secara digital di situs predator (risiko keamanan dunia maya), berbagi informasi pribadi tentang anak Anda (risiko psikososial), dan mengungkapkan informasi memalukan yang mungkin disalahgunakan oleh orang lain (risiko psikologis).”

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memposting foto-foto anak Anda di media sosial.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap busana asli Indonesia, dua label ikonik WASTU by Aauguste Soesatro dan Purity by POPULO Batik meramaikan panggung Fashion Nation

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3494454/hati-hati-kenali-risiko-mengunggah-foto-anak-di-media-sosial

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-Hati, Kenali Risiko Mengunggah Foto Anak di Media Sosial"

Post a Comment

Powered by Blogger.