Search

Okultasi, Peristiwa Astronomi Paling Menakjubkan - Reportasee

Okultasi, Peristiwa Astronomi Paling Menakjubkan
Foto : Okultasi

Reportasee.com,- Okultasi adalah istilah dalam astronomi yang mengacu pada suatu peristiwa dimana suatu benda terhalang oleh benda lain yang melewati dan mengamatinya. Peristiwa tersebut terjadi ketika sebuah planet atau bulan lewat di depan bintang bahkan ketika satu planet lewat di depan yang lain.

Mengutip dari Tribunnews.com, Kamis (08/08/2019), Okultasi terhadap Bulan menjelaskan kejadian ketika Bulan lewat di depan bintang saat mengorbit di sekitar Bumi. Karena bintang-bintangnya memiliki diameter sudut.

Sedangkan Bulan memiliki atmosfer yang sangat tipis. Bulan akan menyamarkan bintang itu atau akan menghilang dan kemudian muncul kembali dalam waktu kurang dari 0,1 detik pada dahan Bulan.

Okultasi ini dapat diamati dengan jelas karena kurangnya silau matahari. Setiap bintang dengan garis lintang ekliptik kurang dari 6,5 derajat dapat disembunyikan oleh Bulan karena memiliki orbit miring ke garis ekliptika.

3 bintang magnitudo pertama, Spica, Antares, dan Regulus dekat dengan ekliptika dan dapat disamarkan oleh planet dan Bulan.

Planet melewati Aldebaran, bintang raksasa merah ke utara, dan karena itu kegaiban Aldebaran hanya dimungkinkan oleh Bulan.

Planet Memiliki Bintang Gaib

Planet-planet juga memiliki bintang gaib. Sebagai contoh, Venus menghiasi Regulus pada tahun 1959. Sementara Uranus memblokir bintang pada tahun 1977 yang mengarah pada penemuan cincin planet.

Saturnus menghiasi bintang magnitudo ke-5 terhadap 28 Sagittarii pada 1989, dan Pluto menghiasi bintang pada 1988, 2002 dan 2006.

Okultasi Planet Kecil

Planet minor termasuk planet kerdil, objek yang jauh atau asteroid. Okultasi oleh planet-planet kecil terjadi ketika sebuah planet minor menghuni bintang, untuk sementara mengaburkan cahayanya.

Peristiwa ini dipelajari untuk mengukur posisi dan ukuran planet kecil. Hal itu juga dapat terjadi antara planet kecil dan satelitnya. Misalnya, ada 8 Okultasi asteroid pada 12 Maret 2009, serta planet kerdil Eris pada 6 November 2010.

Okultasi Buatan

Sedangkan yang terakhir yaitu peristiwa tersebut juga bisa terjadi ketika satelit buatan datang antara teleskop luar angkasa dan bintang.

Dalam kasus tersebut, fenomena itu terjadi secara sengaja dengan mengarahkan satelit buatan ke posisi tertentu.

Contohnya Big Occulting Steerable Satellite (BOSS), satelit usulan yang dirancang untuk digunakan secara bersamaan dengan teleskop untuk mendeteksi planet. ***

Let's block ads! (Why?)


https://reportasee.com/okultasi-peristiwa-astronomi-paling-menakjubkan/

2019-08-08 07:13:41Z
CBMiR2h0dHBzOi8vcmVwb3J0YXNlZS5jb20vb2t1bHRhc2ktcGVyaXN0aXdhLWFzdHJvbm9taS1wYWxpbmctbWVuYWtqdWJrYW4v0gEA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Okultasi, Peristiwa Astronomi Paling Menakjubkan - Reportasee"

Post a Comment

Powered by Blogger.