Search

Peneliti Jelaskan Penyebab Besarnya Ukuran Planet Jupiter - Okezone

JAKARTA - Jupiter merupakan salah satu planet terbesar di tata surya. Planet ini didominasi oleh gas awan yang berputar. Meskipun demikian, inti jupiter diyakini kecil yang berupa batu padat.

Dilansir dari laman New Atlas, Kamis (15/8/2019) data dari penyelidikan dari pesawat luar angkasa milik NASA, Juno mengungkapkan jika inti tersebut kurang padat dan lebih menyebar. Kemudian, astronot juga meyakini jika pada masa awal tata surya, planet dengan ukuran 10 kali dari Bumi telah menabrak Jupiter.

Juno telah mengitari Jupiter selama lebih dari tiga tahun. Pesawat NASA tersebut melakukan sejumlah flybys dan mempelajari raksasa gas dengan berbagai instrumen. Juno juga telah memotret foto-foto awan dengan tingkat ketajaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Peneliti Jelaskan Besarnya Ukuran Planet Jupiter

Para peneliti pada studi baru, yang melibatkan para astronom dari Universitas Rice di AS dan Universitas Sun Yat-sen di China, memiliki teori baru untuk menjelaskannya. Tim mengatakan bahwa tabrakan kolosal di masa lalu yang jauh bisa mengaduk inti, mencampur bahan padat di tengah dengan lapisan gas atau cairan di atasnya.

Itu bisa membuatnya lebih besar dan lebih padat. Kabarnya, tabrakan ini terjadi setiap saat di masa-masa awal tata surya, sebelum planet-planet menetap di orbit stabil mereka saat ini.

Bumi juga dikabarkan ditabrak oleh planetoid seukuran Mars yang menciptakan Bulan dan menghasilkan sebagian besar air. Mars diduga dilahirkan dengan cara yang sama, dan beberapa keanehan Uranus dapat dijelaskan dengan tabrakan kosmik lainnya.

Peneliti Jelaskan Besarnya Ukuran Planet Jupiter

Baca Juga: Pesawat Luar Angkasa NASA Tangkap Foto Badai Jupiter

Baca Juga: Terungkap! Exoplanet WASP-12b Super Panas dan Gelap Gulita

(ahl)

Let's block ads! (Why?)


https://techno.okezone.com/read/2019/08/15/56/2092250/peneliti-jelaskan-penyebab-besarnya-ukuran-planet-jupiter

2019-08-15 07:49:00Z
CBMib2h0dHBzOi8vdGVjaG5vLm9rZXpvbmUuY29tL3JlYWQvMjAxOS8wOC8xNS81Ni8yMDkyMjUwL3BlbmVsaXRpLWplbGFza2FuLXBlbnllYmFiLWJlc2FybnlhLXVrdXJhbi1wbGFuZXQtanVwaXRlctIBbmh0dHBzOi8vdGVjaG5vLm9rZXpvbmUuY29tL2FtcC8yMDE5LzA4LzE1LzU2LzIwOTIyNTAvcGVuZWxpdGktamVsYXNrYW4tcGVueWViYWItYmVzYXJueWEtdWt1cmFuLXBsYW5ldC1qdXBpdGVy

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peneliti Jelaskan Penyebab Besarnya Ukuran Planet Jupiter - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.