Search

Ini Risikonya Jika Memberikan Anak Smartphone

Orangtua dapat mengatur pembatasan untuk membatasi apa yang dapat diakses oleh anak-anak pada smartphone. Untuk iPhone, buka Pengaturan, kemudian General/Umum, lalu gulir ke bawah ke Restrictions/Pembatasan. Saat Anda pertama kali mengaktifkan ini, perangkat akan meminta Anda untuk membuat PIN empat digit. Pada perangkat Android, pengaturan pembatasan bervariasi. Di Google Play, pengguna dapat menetapkan parental control pada konten apa yang dapat diakses anak-anak berdasarkan peringkat aplikasi.

Pengaturan ini memungkinkan orang tua mengontrol segala sesuatu dari aplikasi apa yang dapat dibuka oleh anak-anak untuk memastikan apakah mereka dapat melakukan pembelian dalam aplikasi. Pengguna juga dapat menyesuaikan jenis konten yang dapat dilihat oleh anak-anak berdasarkan peringkat.

Mengawasi unduhan aplikasi

Anda sebaiknya mengawasi riwayat unduhan di smartphone anak Anda. Baik iOS dan Google Play memiliki cara untuk memeriksa riwayat unduhan aplikasi. Di Apple App Store misalnya, pengguna dapat melihat aplikasi apa yang telah mereka unduh serta aplikasi apa yang tidak ada di perangkat mereka saat ini. Ada juga aplikasi yang dikembangkan untuk melacak berapa banyak waktu yang dihabiskan seseorang di ponsel mereka atau di aplikasi tertentu seperti Moment for iPhones dan Space (sebelumnya BreakFree) untuk Android.

Hal yang paling penting dalam mengawasi perilaku anak-anak dengan gadget mereka adalah dengan berkomunikasi dengan mereka. Bicaralah dengan anak-anak tentang apapun termasuk tontonan apa yang mereka sukai di ponsel, game apa yang sedang mereka mainkan dan lain-lain. Menjadi orangtua di era digital berarti Anda harus secara cerdas menggunakan teknologi demi kemajuan tumbuh kembang anak. Jangan sampai teknologi malah menjauhkan Anda dengan anak-anak.

Ana Fauziyah

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/lifestyle/read/3494877/ini-risikonya-jika-memberikan-anak-smartphone

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Risikonya Jika Memberikan Anak Smartphone"

Post a Comment

Powered by Blogger.